Pakaian Adat Bangka Belitung, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya


Provinsi Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi kepulauan yang letaknya berada di sekitar selat Malaka. Provinsi yang baru berdiri pada tanggal 9 Februari 2001 lalu ini terdiri dari 470 pulau dengan 2 pulau besar yang sangat terkenal, yakni pulau Bangka dan juga pulau Belitung. Letaknya yang sangat strategis, yaitu di dalam jalur perdagangan laut di masa lampau membuat akulturasi kebudayaan masyarakat Provinsi Bangka Belitung dengan masyarakat para pendatang sangat jelas terasa. Salah satu bentuk dari akulturasi tersebut adalah dengan adanya pakaian adat Provinsi Bangka Belitung. Nah seperti apakah pakaian adat bangka belitung tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Pakaian adat Provinsi Bangka Belitung bernama baju seting dan kain cual. Menurut kepercayaan dan keterangan dari banyak orang tua asli para penduduk Provinsi Bangka Belitung, pakaian adat tersebut pada awalnya dibawa oleh para saudagar Arab yang menikah dengan para gadis Cina di sekitar Kota Mentok. Karena terbilang sangat menarik, masyarakat asli Provinsi Bangka Belitung pun kemudian mulai memakai jenis pakaian yang sama serta memadukannya dengan kebudayaan setempat.


1. Baju Seting, Pakaian Adat Untuk Pengantin Perempuan


Baju seting merupakan baju kurung biasa dengan warna merah yang terbuat dari kain beludru atau kain sutra. Baju ini biasanya dipadukan dengan bawahan berupa kain cual atau sering juga disebut dengan kain lasem atau kain besusur. Berbeda dengan baju seting, kain cual ini merupakan kain asli dari kebudayaan Provinsi Bangka Belitung yang dibuat dengan metode tenun ikat. Motif yang dipakai pada kain cual ini ada 2 jenis yakni motif corak penuh atau motif Penganten Bekecak, dan motif ruang kosong atau motif Jande Bekecak.

Cual Bangka pada awalnya dikenal dengan nama "Limar Muntok". Jika dilihat sekilas, motif dari kain ini akan nampak seperti kain songket khas Palembang, Sumatera Selatan. Namun, jika diperhatikan dengan teliti, ada perbedaan pada bagian bentuk motif hiasannya, yakni berupa bentuk-bentuk bunga, seperti bunga cengkeh dan cempaka, atau motis tumbuhan dan hewan.

Kain Cual, kebanggan masyarakat Bangga Belitung

Selain memakai baju atasan dan kain bawahan, pengantin perempuan akan memakai beberapa aksesoris untuk melengkapi dan mempercantik penampilannya ketika memakai pakaian adat Provinsi Bangka Belitung tersebut. Aksesoris tersebut diantaranya adalah mahkota emas dengan ornamen khusus yang disebut dengan paksian, teratai atau penutup dada yang dikenakan di baju, kembang cempaka, kembang goyang, kuntum cempaka, daun bambu, sari bulan, pagar tenggalung, dan tutup sanggul atau kembang hong untuk hiasan bagian kepala, kalung anting panjang, sepit udang atau hiasan dibagian samping telinga kiri dan kanan, hiasan ronce melati pada bajunya, dan gelang pending untuk ikat pinggang.

2. Pakaian Adat untuk Pengantin Laki-laki

Bagi pengantin laki-laki, masyarakat asli Provinsi Bangka Belitung memakai sebuah jubah panjang khas jubah arab dengan warnanya yang merah tua. Jubah tersebut dilengkapi dengan selendang atau selempang yang disampirkan dibagian bahu kanan. Untuk bawahan, mereka memakai celana panjang biasa dengan warna kain yang sama dengan atasan. Baik jubah maupun celana bawahan dilengkapi biasanya dengan pernik dan motif yang serupa dengan pakaian adat Provinsi Bangka Belitung pengantin perempuan. Selain itu, ada juga alas kaki khusus yang dipakai, yaitu pending selop atau sandal Arab.

KOMENTAR

Nama

Budaya,29,Pakaian Adat,30,
ltr
item
Ragam Indonesia: Pakaian Adat Bangka Belitung, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya
Pakaian Adat Bangka Belitung, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixzu3XCcyde2FD5SXYlHCSgaAUqnmmLwyB12Bz5XAShxn5L1KrqYCtVNBhy57oUQ90cidjMU5LPzOJb3Wq1r75HQlElXzD7WftpbZC_4kmP2WaFjuh1J2EHKchFGSQCAROuOIfFszXYUo_/s640/Pakaian+Adat+Bangka+Belitung.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixzu3XCcyde2FD5SXYlHCSgaAUqnmmLwyB12Bz5XAShxn5L1KrqYCtVNBhy57oUQ90cidjMU5LPzOJb3Wq1r75HQlElXzD7WftpbZC_4kmP2WaFjuh1J2EHKchFGSQCAROuOIfFszXYUo_/s72-c/Pakaian+Adat+Bangka+Belitung.JPG
Ragam Indonesia
https://ragam.cahunnes.com/2018/03/pakaian-adat-bangka-belitung-ulasan.html
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/2018/03/pakaian-adat-bangka-belitung-ulasan.html
true
708961954189576674
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy