Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Sumatera)


Indonesia memiliki beragam budaya yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Luasnya wilayah Indonesia ini membuat banyak sekali keragaman dalam suku serta adat istiadat. Indonesia tidak hanya masyhur dalam bidang maritim dan rempah-rempah. Tetapi juga dalam kebudayaan, salah satunya adalah pakaian tradisional.

Sudah saatnya bangsa ini menyadari akan kekayaan dan keberanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa ini, sehingga kekayaan budaya bangsa ini menjadi aset dan kebanggaan yang bernilai di mata dunia. Ada pepatah mengatakan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai dan melestarikan sejarah dan budayanya, untuk itu mulai dari sekarang mari kita kenali dan lestarikan budaya bangsa kita agar menjadi kekayaan dan aset yang bernilai.

Salah satu bentuk nyata budaya Indonesia dapat kita temukan dari beragam pakaian adat dari beberapa suku yang mewakili provinsi-provinsi yang ada. Pada artikel ini akan dibahas pakaian-pakaian adat Indonesia tersebut secara lengkap dari sabang sampai merauke beserta nama, gambar, dan penjelasannya.


1. Pakaian Adat Aceh


Pakaian tradisional yang berasal dari Aceh ini bernama Ulee Balang. Untuk pria, pakaian adat ini dinamakan dengan Linto Baro dan untuk perempuan dinamakan dengan Daro Baro. Pada awalnya Ulee Balang ini hanya dipakai oleh orang-orang terpandang seperti sultan, raja dan pengantin.

Pakaian adat Aceh ini sudah ada sejak zaman kerajaan Samudra Pasai dan Perlak. Salah satu ciri khas dari pakaian adat ini adalah terdapat penutup kepala berupa kopiah yang bernama Meukeutop. Aceh merupakan Kota Serambi Mekkah sehingga sangat kental pengaruh Islam di Provinsi ini.

Anda dapat melihat keunikan bagian-bagian tersebut pada gambar di atas. Sedangkan untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Aceh.


2. Pakaian Adat Sumatera Utara


Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki suku yang cukup beragam. Mulai dari suku Melayu, suku Nias dan yang paling dominan adalah suku Batak yang merupakan leluhur dari Provinsi Sumatera Utara ini.

Suku Batak sendiri memiliki pakaian adat yang bernama kain ulos. Secara umum, kain ulos inilah yang menjadi identitas dan ciri utama pakaian adat Sumatera Utara di kancah nasional. Berikut adalah gambar dari sepasang muda mudi yang tengah memakai kain ulos.


Untuk mengetahui detail penjelasan bagian-bagian pakaian tersebut silakan klik tautan Pakaian Adat Sumatera Utara.


3. Pakaian Adat Riau


Pakaian tradisional dari daerah Riau ini sangat beragam, bahkan terdapat 4 jenis pakaian adat yang terdapat dalam kebudayaan Melayu. Tapi, secara umum pakaian adat Riau ini bernama Melayu Riau. Pakaian adat yang bermacam-macam ini menjadi salah satu bukti bahwa kebudayaan Riau telah maju.

Pakaian yang paling sering digunakan dalam menghadiri acara resmi adalah baju Kurung Cekak Musang lengkap dengan kopiah dan kain sarung tenun untuk laki-laki. Sedangkan untuk perempuan adalah Kebaya Laboh. Kebaya Laboh ini dibuat dari kain tenun khas Riau.

Untuk gadi, Kebaya Laboh ini dibuat dengan panjang mencapai 3 jari dari atas lutut, sedangkan untuk perempuah yang setengah baya biasanya Kebaya Laboh ini dibuat hingga 3 jari dibawah lutut.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Riau.


4. Pakaian Adat Sumatera Barat


Kisah Malin Kundang yang berasal dari cerita turun temurun nenek moyang suku Minangkabau sedikit banyak telah mempengaruhi berbagai aspek budaya di tanah Sumatera Barat. Salah satu yang paling kentara adalah dijunjung tingginya peran seorang ibu dalam adat istiadat mereka.

Pakaian adat dari Sumatra Barat ini bernama Bundo Kanduang. Pakaian tradisional ini memiliki filosofi yang sangat tinggi. Bundo Kanduang memiliki artian peranan seorang ibu dalam keluarga serta kehidupan.

Bundo Kanduang memiliki berbagai macam perlengkapan seperti tingkuluak, baju batabue, gelang, dukuah, lambak dan selempang. Sedangkan untuk pria sendiri pakaian adatnya bernama Pakaian Penghulu yang memiliki beberapa perlengkapan seperti deta, baju hitam, sesamping, sarawa, cawek, keris, tungkek dan sandang.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Sumatera Barat.


5. Pakaian Adat Kepulauan Riau


Lokasi Kepulauan Riau sangat strategis sebagai jalur pelayaran pada zaman dahulu kala. Hal ini membuat akulturasi budaya para pendatang seperti Arab, China dan. Pakaian adat dari Kepulauan Riau ini diberi nama Kebaya Labuh dan Teluk Belanga.

Kebaya Labuh ini dipakai oleh kaum wanita, desainnya pun sangat sederhana dan hanya menggunakan tiga peniti saja untuk mengaitkannya. Sehingga bagian bawah dari kemeja ini akan terlihat sedikit melebar dan terbuka.

Sedangkan untuk kaum pria menggunakan pakaian adat Teluk Belanga. Pakaian ini memiliki motif polos dengan warna yang tidak terlalu mencolok seperti hitam dan abu-abu. Aksesoris yang digunakan untuk Teluk Belanga ini adalah sarung yang dipakai hingga ke lutut.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Kepulauan Riau.


6. Pakaian Adat Bangka Belitung


Pakaian adat dari Bangka Belitung namanya adalah baju seting dan kain cual. Pakaian ini diduga adalah pakaian yang dipengaruhi akulturasi budaya masyarakat Arab, China, dan Melayu pada masa silam.

Kain Cual ini juga disebut dengan nama Limar Muntok, jika dilihat sekilas maka corak dan motifnya terkesan sama dengan kain songket dari Palembang. Tapi sebetulnya kain ini jauh berbeda, yang membedakannya adalah bentuk motifnya.

Aksesoris yang digunakan untuk kain cual ini adalah mahkota dengan ornament yang dinamakan paksian, penutup dada pada baju, kembang cempaka, daun bamboo, pagar tenggalung dan kalung anting panjang.

Sedangkan untuk laki-laki menggunakan pakaian dengan bentuk seperti jubah panjang yang sangat mirip dengan jubah khas Arab. Biasanya jubah ini akan dipadu padankan dengan dengan selempang serta celana bawahan. Alas kakinya sendiri menggunakan selop.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Bangka Belitung.


7. Pakaian Adat Jambi


Pakaian adat Jambi sangat beragam jenisnya. Namun, yang resmi menjadi identitas provinsi ini di kancah nasional adalah sepasang pakaian pengantin adat yang bernama Pakaian adat Melayu Jambi.

Baju Pria Adat Melayu Jambi adalah baju kurung tanggung dengan lengan yang lebih dari siku tapi tidak mencapai pergelangan tangan. Menurut kepercayaan Jambi, baju tanggung ini memiliki filosofi bahwa pria harus cekatan serta tangkas dalam bekerja.

Untuk Baju Perempuan Adat Melayu Jambi menggunakan baju kurung yang memiliki bahan dasar beludru. Aksesoris yang digunakan adalah teratai dada, selendang, pending, sabuk dan selop. Terdapat pula tambahan berupa mahkota yang diberi hiasan berupa logam berwarna kuning dengan bentuk yang mirip duri pandan.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Melayu Jambi.


8. Pakaian Adat Bengkulu


Bengkulu merupakan salah satu Provinsi di Pulau Sumatra yang memiliki cukup banyak sumber daya serta kebudayaan. Namun bagi sebagian orang masih terasa asing mengenai pakaian adat dari Bengkulu ini.

Masyarakat Bengkulu itu sama halnya dengan masyarakat yang berada di Pulau Sumatra yakni mayoritas berbudaya Melayu. Namun terdapat pula perbedaan antara budaya Melayu Bengkulu dengan Budaya Melayu pada biasanya. Salah satu perbedaat tesebut berada pada pakaian adat Bengkulu yang bernama Pakaian Adat Melayu Bengkulu.

Pakaian Pria Adat Melayu Bengkulu menggunakan jas dan celana pajang dengan aksesoris berupa penutup kepala. Bahan dasar dari jas ini yakni beludru dan kain wol dengan warna dasar hitam. Serta celana yang berbahan dasar kain satin. Untuk penutup kepalanya sendiri dibuat runcing atau mancung ke atas, nama penutup kepala ini adalah detar.

Pakaian Wanita Adat Melayu Bengkulu menggunakan baju kurung yang dengan lengan yang panjang hingga pergelangan tangan. Bahan dasar dari baju kurung ini adalah kain beludru dengan warna yang tua seperti hitam, lembayung, dan biru tua. Biasanya kaum perempuan suka menambahkan berbagai aksesoris seperti hiasan kembang goyang, giwang, mahkota dan kalung bersusun.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Bengkulu.


9. Pakaian Adat Sumatera Selatan


Palembang menjadi kota yang ikonik di Sumatera Selatan ini, serta peninggalan bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya. Pengaruh Kerajaan Sriwijaya sangat kental bagi masyarakat di Sumatra Selatan ini. Salah satunya adalah pakaian adat.

Pakaian tradisional dari Sumatra Barat ini bernama Aesan Pasangko dan Aesan Gede, dalam bahasa Palembang aesan memiliki arti pakaian. Aesan Gede adalah pakaian yang melambangkan suatu kebesaran. Sulaman yang berwarna emas melambangkan bahwa Sumatra adalah pulau emas atau julukan lainnya adalah Swarnadwipa.

Di masa silam, kedua pakaian tersebut hanya digunakan oleh raja dan para pembesar kerajaan. Namun sekarang lebih umum digunakan oleh sepasang pengantin Palembang dalam upacara pernikahannya

Aesan Gede ini akan dilengkapi beberapa aksesoris seperti mahkota, kelapo standan, kembang goyang, baju dodot serta songket. Sedangkan Aesan Pasangko adalah pakaian yang melambangkan sebuah keanggunan bagi pemakainya.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Sumatera Selatan.


10. Pakaian Adat Lampung


Sebetulnya, tidak ada nama khusus untuk pakaian adat Lampung. Akan tetapi, berbagai pernik kain yang digunakan pada pakaian tersebut umumnya dibuat dari bahan kain tapis.

Kais tapis adalah kain tenun tradisional khas Lampung yang menonjolkan warna emas sebagai warna utamanya disertai dengan motif-motif geometris.

Pakaian tradisional untuk kaum laki-laki biasanya sangat sederhana, cukup baju berlengan panjang dengan warna putih serta celana panjang dengan warna hitam. Ada pula tambahan berupa sarung tumpal serta sesapuran dan khikat akhir

Sedangkan pakaian adat untuk kaum perempuan tidak jauh berbeda degan kaum laki-laki. Pada kaum wanita ditambah beberapa perlengkapan seperti bebe, selappai, katu tapis dewa sano. Selappai sendiri merupakan baju tanpa lengan dengan tepi bagian bawah yang berupa hiasan rumbai ringgit.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Lampung.

Untuk Mengetahui ulasan lengkap pakaian adat atau pengantin di daerah lainnya di Indonesia silakan lihat pada tautan berikut ini: Pakaian Adat Kalimantan, Pakaian Adat JawaPakaian Adat Sulawesi, Pakaian Adat Indonesia Timur.

KOMENTAR

Nama

Budaya,29,Pakaian Adat,29,
ltr
item
Ragam Indonesia: Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Sumatera)
Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Sumatera)
https://3.bp.blogspot.com/-opJPOcxKwc4/WeqhyfI4FlI/AAAAAAAAdPk/R8tq6nlPS9MP_LT1F546dZzL_7LXYUaIACLcBGAs/s640/Pakaian%2BAdat%2BLengkap%2BIndonesia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-opJPOcxKwc4/WeqhyfI4FlI/AAAAAAAAdPk/R8tq6nlPS9MP_LT1F546dZzL_7LXYUaIACLcBGAs/s72-c/Pakaian%2BAdat%2BLengkap%2BIndonesia.jpg
Ragam Indonesia
https://ragam.cahunnes.com/2017/10/ulasan-lengkap-pakaian-adat-tradisional.html
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/2017/10/ulasan-lengkap-pakaian-adat-tradisional.html
true
708961954189576674
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy