Pakaian Adat Betawi, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya

Meskipun menurut sejarah suku Betawi ini bukanlah suku asli dari DKI Jakarta, namun kebudayaan dan adat istiadat dari suku betawi sejak dahulu ini terlanjur sudah dikenal luas sebagai simbol atau ikon kebudayaan Jakarta. Ondel-ondel, gambang kromong, kerak telor merupakan beberapa contoh kebudayaan betawi yang tentunya tidak dapat dilepaskan dari Jakarta sebagai identitasnya di kancah nasional.

Berbicara mengenai kebudayaan Jakarta, pada artikel ini kami akan membahas salah satu aspek penting di dalam kebudayaan Provinsi Jakarta, yaitu tentang pakaian adatnya. Merunut pada penggunaannya, pakaian adat Betawi ini terbagi menjadi 3 macam, yaitu pakaian keseharian, pakaian resmi, dan pakaian pengantin. Nah seperti apakah ketiga pakaian adat tersebut? berikut ini penjelasannya.


1. Pakaian Keseharian Pria Betawi


Yang dimaksud dengan pakaian keseharian yaitu pakaian yang biasa dipakai oleh orang betawi di dalam kehidupan kesehariannya. Untuk pria, pakaian adat ini terdiri dari baju koko atau yang sering disebut juga baju sadariah, celana komprang dengan ukuran ranggung, sarung yang digulung dan kemudian diikatkan dibagian pinggang, sabuk hijau, dan peci berwarna merah.


2. Pakaian Keseharian Perempuan Betawi


Sedangkan untuk para wanita, pakaian adat betawi keseharian terdiri dari baju kurung berwarna terang atau mencolok, selendang berwarna sama dengan baju kurung, kain batik dengan motif geometris sebagai bawahan, dan kerudung yang berfungsi sebagai penutup kepala.


3. Pakaian Adat Betawi untuk Bangsawan (Baju Resmi)


Pakaian bangsawan sebenarnya adalah pakaian resmi yang dahulunya hanya dipakai oleh para demang. Saat ini pakaian yang bernama baju ujung serong ini sudah resmi sebagai pakaian PNS Pemda DKI Jakarta dan hanya di pakai di hari-hari tertentu. Baju ujung serong ini terdiri dari dalaman kemeja putih, batik geometris yang dikenakan dipinggang sebatas lutut, jas tutup berwarna gelap, dan celana pantolan yang warnanya sama dengan warna jas.

Aksesoris pelengkapnya biasanya adalah tutup kepala berupa kopiah, pisau raut atau senjata semacam badik yang diselipkan dibagian pinggang, kuku macan, jam rantai untuk hiasan saku, dan alas kaki berupa sepatu pantopel. Baju ujung serong hanya dipakai oleh para bangsawan pria, sedangkan untuk wanita dipakai varian baju yang sama dengan baju keseharian yakni baju kurung, selendang, kain batik, kerudung, dan dilengkapi dengan berbagai perhiasan emas, seperti kalung, giwang, gelang, dan cincin.


4. Pakaian Pengantin Pria Betawi 


Di dalam upacara pernikahan, orang Betawi yang masih memegang teguh adat kebudayanya sampai saat ini masih memakai pakaian khusus pengantin adat Betawi. Pakaian tersebut merupakan bentuk akulturasi nyata dari beberapa kebudayaan, seperti kebudayaan Arab, budaya Tionghoa, dan kebudayaan Melayu.

Untuk para pengantin pria, pakaian adat Betawi yang dipakai adalah Dandanan Care Haji. Pakaian ini berupa jubah besar yang berwarna cerah (biasanya berwarna merah) dengan perhiasan benang keemasan, celana panjang putih, selendang yang dipakai di dalam jas (bagian dada), dan topi khusus yang terbuat dari sorban yang berfungsi sebagai penutup kepala. Dari model pakaian tersebut, dadanan care haji ini tentu sangat kental akan nilai-nilai kebudayaan Arab.


5. Pakaian Pengantin Wanita Betawi


Berbeda dengan pakaian pengantin pria yang sangat kental dengan kebudayaan arab, baju pengantin wanita betawi yang bernama "dandanan care none pengantin cine" ini justru sarat akan nilai-nilai kebudayaan Tionghoa. Baju adat Betawi ini terdiri dari blus berwarna cerah dan terbuat dari bahan kain satin, rok gelap atau rok kun, dan hiasan kepala yang berupa kembang goyang dengan motif burung hong.

Selain itu, hiasan sanggul palsu lengkap dengan cadar dibagian wajah, hiasan bunga melati yang diikat pada bagian sisir dan ronje juga dipakai bersama dengan hiasan lain yang diantaranya adalah kalung lebar, gelang listring, manik-manik penghias dada, dan selop model perahu sebagai alas kaki.

KOMENTAR

Nama

Budaya,29,Pakaian Adat,29,
ltr
item
Ragam Indonesia: Pakaian Adat Betawi, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya
Pakaian Adat Betawi, Ulasan Lengkap Nama, Gambar dan Penjelasannya
https://4.bp.blogspot.com/-mwNAdc3qsVc/WqtHBl_4HPI/AAAAAAAAeWE/frljV6--qkUgU_16IlpVJ_Kcoc97FpWWACLcBGAs/s640/Pengantin%2BBetawi.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-mwNAdc3qsVc/WqtHBl_4HPI/AAAAAAAAeWE/frljV6--qkUgU_16IlpVJ_Kcoc97FpWWACLcBGAs/s72-c/Pengantin%2BBetawi.JPG
Ragam Indonesia
https://ragam.cahunnes.com/2018/03/pakaian-adat-betawi-ulasan-lengkap-nama.html
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/2018/03/pakaian-adat-betawi-ulasan-lengkap-nama.html
true
708961954189576674
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy