Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Jawa)


Perlu diketahui, saat ini secara administratif pulau Jawa terbagi atas 6 provinsi, yaitu Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.

Untuk mengetahui Pakaian Adat Daerah Sumatera, silakan lihat Ulasan Lengkap Pakaian Adat Sumatera

11. Pakaian Adat Banten


Tak bisa dipungkiri bahwa budaya Banten memang sangat mirip dengan budaya Sunda di Jawa Barat. Hal ini dapat dibuktikan dengan ragam jenis pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakatnya.

Dalam adat Banten dikenal pakaian adat yang bernama baju Panganten. Pakaian ini sesuai namanya hanya digunakan oleh para pengantin saat upacara pernikahannya. Dari bentuk, motif dan desainnya pakaian ini nyaris serupa dengan pakaian adat Sunda. Para pria menggenakan baju koko berkerah, kain batik sebagai bawahan, penutup kepala, dan selendang untuk ikat pinggangnya. Sementara para pria mengenakan kebaya, kain batik, dan hiasan kepala berupa kembang goyang.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Banten.



12. Pakaian Adat DKI Jakarta



Meski dari sejarahnya tidak ada satu suku pun yang menjadi suku asli DKI Jakarta, namun saat ini dikenal suku Betawi-lah yang paling pertama bermukim dan mendiami wilayah yang saat ini menjadi ibu kota negara tersebut. Oleh karena itu, setiap budaya yang menjadi identitas provinsi DKI Jakarta saat ini tak pernah dilepaskan dari budaya Betawi. Salah satu contohnya mengenai pakaian adatnya. Pakaian adat Betawi ada beberapa jenis tergantung dari kepentingan penggunaanya. Hanya saja, yang paling dikenal adalah baju pengantin yang bernama Dandanan Care Haji dan Dandanan Care None Penganten Chine.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat DKI Jakarta.


13. Pakaian Adat Jawa Barat


Dalam berpakaian, masyarakat Sunda –Jawa Barat mengenal ragam jenis pakaian yang penggunaannya didasarkan pada fungsi, umur, dan strata sosial pemakainya. Akan tetapi, secara umum kita cenderung lebih mudah menemukan 3 jenis pakaian adat Jawa Barat yang hingga kini masih tetap populer, yaitu pakaian rakyat, kaum menengah, dan para bangsawan.

Sementara untuk urusan upacara pernikahan, budaya Sunda mengenal sebuah pakaian pengantin yang bernama pakaian Sukapura. Pakaian ini memiliki model dan desain seperti disajikan pada gambar di samping.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Jawa Barat.


14. Pakaian Adat Jawa Tengah


Pakaian resmi adat Jawa Tengah bernama Jawi Jangkep dan Kebaya. Jawi jangkep adalah pakaian pria yang terdiri atas beberapa kelengkapan dan umumnya digunakan untuk keperluan adat. Jawi jangkep terdiri dari atasan berupa baju beskap dengan motif bunga, bawahan berupa kain jarik yang dililitkan di pinggang, destar berupa blangkon, serta aksesoris lainnya berupa keris dan cemila (alas kaki).

Sedangkan kebaya adalah pakaian adat wanita Jawa yang terdiri dari atasan berupa kebaya, kemben, stagen, kain tapih pinjung, konde, serta beragam aksesoris seperti cincin, subang, kalung, gelang, serta kipas. Dalam praktiknya, penggunaan pakaian ini diatur sedemikian rupa sesuai dengan strata sosial si pemakainya.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Jawa Tengah.


15. Pakaian Adat Daerah Istimewa Yogyakarta


Dalam adat yogyakarta, dapat kita temukan banyak sekali ragam pakaian adat tradisional yang mana dalam telah diatur sedemikian rupa berdasarkan hukum adat, termasuk pula dalam aturan kapan, dimana, dan siapa yang menggunakan pakaian tersebut.

Namun, secara keseluruhan pakaian adat yang paling sering dikenakan adalah pakaian rakyat. Untuk pria menggunakan baju sorjan, kain batik, serta blangkon sebagai penutup kepala. Adapun untuk wanita, dikenakan kebaya, kain batik, dan sanggul rambut yang ditata sedemikian rupa.

Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Daerah Istimewa Yogyakarta.


16. Pakaian Adat Jawa Timur


Pakaian adat Jawa Timur bernama baju pesaan dan baju mantenan. Baju pesaan sebetulnya adalah pakaian adat khusus masyarakat Madura. Pakaian ini sarat akan nilai filosofis yang menggambarkan keberanian dan kekuatan suku Madura dalam entitas budaya Jawa Timur.

Sementara baju mantenan adalah baju adat yang dikhususkan untuk dikenakan para pengantin (manten). Baik masyarakat Madura maupun masyarakat Jawa Timur umumnya akan mengenakan pakaian ini saat upacara pernikahannya. Gambar di samping adalah sepasang pengantin yang mengenakan baju mantenan.


Untuk mengetahui detail penjelasannya silakan klik tautan Pakaian Adat Jawa Timur.

Untuk Mengetahui ulasan lengkap pakaian adat atau pengantin di daerah lainnya di Indonesia silakan lihat pada tautan berikut ini: Pakaian Adat Sumatera, Pakaian Adat Kalimantan, Pakaian Adat Sulawesi, Pakaian Adat Indonesia Timur.

KOMENTAR

Nama

Budaya,29,Pakaian Adat,29,
ltr
item
Ragam Indonesia: Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Jawa)
Ulasan Lengkap Pakaian Adat Tradisional Dari Sabang Sampai Merauke (Jawa)
https://3.bp.blogspot.com/-8Y1751loonQ/Wfnc1nPTvcI/AAAAAAAAdcw/eIfyFgW8fX0wVgh7qD862Vv1kCVsgmaYwCLcBGAs/s640/Adat.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-8Y1751loonQ/Wfnc1nPTvcI/AAAAAAAAdcw/eIfyFgW8fX0wVgh7qD862Vv1kCVsgmaYwCLcBGAs/s72-c/Adat.jpg
Ragam Indonesia
https://ragam.cahunnes.com/2017/11/uraian-lengkap-pakaian-pengantin.html
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/
https://ragam.cahunnes.com/2017/11/uraian-lengkap-pakaian-pengantin.html
true
708961954189576674
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy